THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 15 Maret 2011

definisi hewan dan tumbuhan



Jika kamu ditanya, apakah yang membedakan hewan (fauna) dan tumbuhan (flora) ? Biasanya imaginasi kita tentang hewan, terpampang gambaran hewan jenis : mamalia, burung, reptil, ikan, dan lain-lain. Sedangkan gambaran kita tentang tumbuhan, biasanya terlintas gambaran pohon yang ada batangnya, daunnya, buah-buahnya, bunga yang berwarna-warni, dan lain-lain seumpama : pohon beringin, pohon kelapa, tumbuhan bunga mawar, rumput-rumputan dan lain-lain. Lalu, dari 2 (dua) kelompok pembagian tadi, apakah yang dapat kamu bedakan ? Biasanya kita melihat dari aktivitasnya, dimana hewan (binatang) adalah bersifat mobile (bergerak), yaitu : tidak diam di tempat, bergerak/berpindah-pindah tempat, mencari makanan, minuman, tidur, berkembang biak, bermain dan sebagainya. Sedangkan tumbuhan mempunyai sifat diam di tempatnya : mencari makanan/minuman, bereproduksi, mencari sinar matahari dengan tidak berpindah tempat. Dengan kata lain, yang membedakan hewan dan tumbuhan adalah HEWAN ITU AKTIF BERGERAK, SEDANGKAN TUMBUHAN PASIF TIDAK BERGERAK, kecuali hanya untuk tumbuh dan berkembang/berbuah.
Kalau jawaban kamu seperti itu, ternyata tidak semua hewan bergerak aktif. Pernahkah kamu mendengar nama TERUMBU KARANG. Terumbu Karang adalah merupakan kumpulan HEWAN yang membentuk terumbu/gugusan.Jadi ternyata ada hewan yang tidak bergerak aktif mencari makanan, bereproduksi, dan lain-lain. Bahkan kita menyangkanya terumbu kaang itu adalah sekumulan tumbuhan karang.
Ada lagi yang berpendapat, yang membedakan hewan dan tumbuhan adalah, hewan tidak dapat mempunyai zat klorofil, yaitu suatu zat untuk berfotosintesis, menghasilkan bunga, biji, buah untuk reproduksinya. Jika jawabannya seperti hal tersebut ada sejenis tumbuhan yang tidak mempunyai zat klorofil, yaitu BENALU dan JAMUR.Tumbuhan parasit ini hidup dengan menyerap sari makanan dari inangnya, namun adapula sejenis benalu yang menumpang hidup di pohon inangnya, namun tidak mengambil sari makanan dari inangnya tersebut.Jadi, apa yang membedakan hewan dengan tumbuhan ?
Mungkin, kalau hewan dalam bereproduksinya ada percampuran antara sel sperma dan ovum.Sedangkan tumbuhan ada putik sari, serbuk sari, biji-bijian dan lain-lain.Jadi pada dunia hewan, antara jantan dan betinanya ada semacam cairan yang berpadu untuk proses reproduksinya.Namun anehnya, hewan bekicot adalah merupakan hewan Hermaprodit, dimana jenis kelamin jantan dan betinanya ada dalam satu tubuh hewan.Namun demikian, tetap saja bekicot digolongkan sebagai hewan.Nah, bagaimana dengan makhluk hidup yang bernama AMUBA. Makhluk hidup ini bersel satu dan cara reproduksinya dengan cara membelah diri. Seperti halnya dengan sel-sel darah merah, sel-sel darah putih dalam tubuh kita. Lalu akan digolongkan sebagai hewan ataukah tumbuhan makhluk yang bernama amuba ini ? Bagaimana pula dengan maklhluk bersel banyak lainnya seperti kuman, virus dan lain-lain.

0 komentar: